Pura Besakih, Bali

Setelah mengunjungi desa penglipuran saya memutuskan untuk mengunjungi tempat berikunya yaitu Pura Besakih. Ini akan menjadi perjalanan yang sangat melelahkan karena saya mengendari motor sendiri. Namun kalo di nikmati perjalanan ini sangat menyenangkan walapun melelahkan. Pura Besakih adalah komplek pura yang terletak di desa Besakih kecamatan rendang kabupaten karangasem Bali.
Komplek pura Besakih terdiri dari 1 pura pusat (pura penataran agung besakih) dan 18 pura pendamping (1 pura besakih dan 17 pura lainnya). Pura Besakih merupakan pusat kegiatan dari seluruh pura yang ada di Bali sebagai pusatnya dan pura besakih ini masuk dalam daftar pengusulan situs warisan budaya dunia UNESCO sejak tahun 1995.

Hal yang perlu di ingat jika datang ke pura ini :

- Setiap orang yang datang diwajibkan memakai kain/sarung penutup jika tidak kamu diharuskan membeli kain atau sarung disana yang mungkin harganya lebih mahal dari harga normal jadi disarankan bawa saja.

- Tepat di pintu masuk kamu akan di halau banyak orang mereka adalah guide, disana wajib pake guide padahal bisa saja berjalan-jalan di area pura tanpa guide. Itu mungkin startegi masyarakat sekitar untuk mendapatkan penghasilan. Mereka tidak pasang tarif, waktu saya datang sendiri kesana mereka bilang sumbangan serelanya kalo dipikir sumbangan seikhlasnya ya saya kasih seadanya saja pas saya mau kasih 20rb mereka pada ketawa mereka bilang orang paling kecil bayar 400rb.. wow.. saya kaget.. kan seiklhanya kan sumabangan ?!?!
Lalu saya bilang saya ga punya uang banyak saya cuma ada 50rb. eh di ambil juga!!

- Hati-hati dengan anak-anak penjual bunga, mereka bilang harus bawa bunga kalo mau ke pura. Keliatanya seperti mereka kasih saja ikhlas padahal nanti ujung-ujung nya kita mesti bayar.

Kalo berencana ngebolang sendiri atau sama temen memakai sepeda motor jalan menuju kesana berbelok-belok tapi jalannya bagus kok siapkan  motor dengan kondisi prima jangan lupa bawa jas hujan. Bawa air, cemilan kalo yang doyan makan kaya saya karena ga ada warung-warung sepanjang jalan cuma jalan berbelok-belok dan pepohonan, udaranya sejuk asik banget selama perjalanan.














Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer