Pulau Bira, Kepulauan Seribu

Pulau Bira....
walaupun sudah sering kesini beberapa kali tapi rasanya masih excited aja kalo kesini lagi. Selain underwaternya bagus, pulau nya juga pulau kecil yang tidak ada penghuni hanya beberpaa orang saja yang untuk jaga pulau jadi berasa kaya pulau private banget.
Di malam hari kita barbeque di pinggir pantai, pasir nya putih dan airnya bening turquoise bagus deh...

Seperti biasa aya nge bolang sendiri, saya kontek teman saya dipulau bahwa saya akan kesana. Berangkat dari pelabuhan Marina saya menumpang kapal dengan harga 250rb sekali jalan. Ada juga trasnort yang lebih murah yaitu berangkat dari pelabuhan angke dengan public boat mungkin harganya sekitar 20rb - 25rb an kalo ga salah usahakan bernagkat pagi jam 7 karena perjalanan dengan public boat bis ditempuh kurang lebih 2-3 jam.
Dari sana saya di jemput oleh teman saya di pulau harapan, dengan boat kecil dibawahalah saya ke Pulau Bira sesampainya disana sudah disambut makan siang yang super menggoda, ikan kerapu dari segar yang di ambil dari laut, sambal dan nasi hangat. Aduuhhh.. surga banget.. haaha
Setelah selesai makan siang saya besiap-siap untuk snorkeling dan explore pulau sekitar. Walapun saya belum bisa banget berenang tapi melihat air super bening dan underwater yang indah kaya gini, mana tahan buat ga nyebur.. tapi tenang mereka siapin jaket pelampung kok, waktu itu harga paket nya sekitar 650rb itu sudah termasuk tiket public boat dari angke. Tapi karena saya waktu itu pakenya speed boat dari marina dan saya di haruskan bayar sendiri di sana jadi ada pengurangan 50rb dari harga paket tersebut.

Harga paket ini sudah termasuk :
- Penginapan
- Makan 3 x
- Bbq ikan bakar
- Air minum, kopi, teh gula air panas sudah disediakan di masing-masing kamar
- Alat snorkeling + pelampung
- Boat penjemputan dari pulau pramuka ke pulau bira
- Guide
- Explore pulau ; p. dolpin, p. bintang, p. perak gosong, p. macan

Untuk yang berencana kesana bisa menghubungi contac person ini 08980210251 Mbak Nurul, lebih baik di sms saja karena kadang signal probelem di tlp suaranya ilang-ilang.
Di bira itu tidak sama seperti di pulau harapan yang dengan mudah bisa menemukan homestay, kamu harus melakuakan booking tempat dulu lalu pengelola pulau akan menyiapkan tempat dan makanan, karena itu adalah pulau kosong sehari-harinya tidak ada penghuni, pengelola akan datang jika ada tamu yang hendak kesana.

Seperti cerita beberapa waktu lalu saaat saya punya libur long weekend dan bingung mau kemana lalu saya memutuskan ke pulau seribu saja lah yang dekat dan saya kontek teman saya itu yang dipulau, setelah transit di harapan saya bertemu dengan 1 grup cewe-cewe, yang hendak ke Bira lalu saya tanya sudah booking penginapan belum disana ? Mereka bilang belum nanti saja kalo sudah sampai sana, saya bilang haduuhh.. lalu saya jelaskan bahwa bira itu pulau kosong dan kalian harus pesan tempat dulu dan juga kalo tidak ada yang koordinasi itu tidak ada boat yang akan menjemput atau mengantar kesana jadi gimana mau kesana lalu kembalinya gimana.. setelah saya jelaskan itu mereka baru mengerti lalu saya kontek teman saya dipulau bira apakah masih ada tempat dan makanan cukup untuk menampung teman-teman baru saya ini yang ingin ke Bira? Kasian juga sudah jauh-jauh dan sudah sampai pulau harapan masa ga kesampaian ke Bira... setelah teman saya bilang bisa.. akhirnya berangkatlah kami ke pulau Bira... dari pertemuan yang tidak sengaja itu pun kami masih berteman dan komunikasi hingga saat ini..


Tidak terasa waktu sudah sore, it's time for me to enjoy the sunset.. Alam memang selalu membuat saya terpesona akan keindahannya, saya merasa terhipnotis, angin berembus sejuk, kapal-kapal kecil yang berisik yang sedari siang mondar-mandir di depan pulau perlahan hilang, yang ada hanya hening, angin yang sejuk dan suara ombak, damainya sore itu saya bersykur atas karunia tuhan, saya diberikan kesehatan untuk bisa menikmati ini.

Anak-anak berenang telanjang di pulau harapan

Public boat dari angke, ini salah satu alasan saya malas naik public boat dari angke.. 
Seperti kapal kelebihan penumpang.. duuhhh... 












Komentar

Postingan Populer